Jangan Sembarangan! Berikut 5 Cara Mencuci Masker Kain dengan Benar


Penggunaan masker kain banyak dipilih masyarakat sebagai alat pelindung diri saat beraktivitas di luar rumah. Mengingat virus corona yang terus bermutasi membuat masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan. Meski penelitian menunjukkan bahwa masker kain hanya bisa menangkal partikel virus 60 persen saja, Anda wajib memakai masker kain daripada tidak sama sekali. Toh, masker bedah atau N95 hanya disarankan untuk tenaga medis di garda terdepan. Membeli cadangan masker di toko yang jual masker kain bisa menjadi pilihan Anda untuk memenuhi kebutuhan masker ekstra.


Cara Mencuci Masker Kain dengan Benar

Agar Anda bisa menggunakan masker kain berulang kali, pastikan tahu cara mencuci dan merawat yang benar. Setidaknya masker kain tidak gampang rusak sehingga pengeluaran Anda untuk membeli masker tiap bulan bisa diminimalisir dengan baik. Inilah cara mencuci masker kain yang wajib Anda ketahui!

1.                  Mengetahui tingkat ketahanan masker kain dengan suhu air panas

Ada banyak bahan kain yang biasa digunakan sebagai masker harian seperti katun, sifon, nylon, dan lain-lain. Pemilihan bahan katun 100 persen sangat direkomendasikan agar bisa melindungi diri sekaligus tidak menyebabkan kelembaban di area wajah sekitar hidung dan mulut.

Penting sekali untuk mengetahui bahan kain dengan tingkat toleransi terhadap air panas. Pasalnya, Anda wajib mencuci masker dengan air panas yang bisa membunuh kuman atau bakteri. Anda bisa menggunakan air panas 60 derajat celcius yang dicampur dengan sabun atau detergen. Jika Anda ingin mencuci masker kain dari bahan polypropylene, bisa menggunakan air panas dengan suhu 125 derajat celcius.

2.                  Cara mencuci dengan air biasa

Jika Anda tidak mencuci masker dengan air panas, maka tetap bisa menggunakan air biasa. Caranya cukup rendam masker kain selama satu menit dan kucek menggunakan larutan klorin 0,1 persen sebelum Anda membilasnya dengan air suhu ruang.

3.                  Mencuci masker kain dengan mesin

Toko yang jual masker kain menyediakan banyak pilihan masker yang bisa Anda borong untuk penggunaan harian. Anda wajib memiliki masker cadangan saat bepergian ke mana saja. Tidak ada salahnya untuk mencuci masker dalam jumlah banyak dengan mesin cuci. Hal yang perlu Anda ketahui hanya mengatur suhu terpanas agar bisa membunuh mikroba. Sebaiknya Anda tidak mencampur masker kain dengan pakaian yang lain, ya!

4.                  Menjemur masker di bawah paparan sinar matahari

Lakukan pengeringan dengan menjemur masker kain yang sudah dicuci di bawah sinar matahari secara langsung. Penjemuran di bawah sinar matahari minimal satu jam bisa menghilangkan virus yang menempel di masker hingga 90 persen. Jika cuaca di luar mendung, Anda bisa menggunakan mesin pengering atau menggunakan metode pengeringan dalam oven dengan panas 70 derajat celcius.

5.                  Simpan masker dengan baik

Selain mencuci dan mengeringkan, Anda harus menyimpan masker kain dengan baik. Lipat masker kain yang rapi atau Anda bisa menyimpan dalam wadah khusus yang kering atau tidak lembab. Tingkat kelembaban yang tinggi dalam lemari bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Selain itu, Anda harus rutin mencuci masker setiap kali digunakan. Masker kain paling ideal digunakan dalam waktu 3-4 jam saja selama Anda beraktivitas di luar rumah.

Dari sekian tips mencuci dan merawat masker kain yang benar, apakah Anda sudah menerapkan hal tersebut? Yuk, lakukan perawatan masker kain yang baik agar lebih awet dan tahan lama! Tempat yang jual masker kain menyediakan berbagai macam penutup mulut dan hidung yang bisa melindungi diri Anda dari risiko tertular virus corona lewat droplet batuk atau bersin.

Post a Comment

0 Comments