Cara Mengatasi Insomnia






Sehat dan Cantik Alami - Kamu niscaya pernah mengalami yang namanya insomnia alias nggak sanggup tidur. Bagaimana rasanya? Tentunya jadi nggak nyaman banget ya. Tubuh terasa lelah dan tidak bertenaga lantaran tubuh kita tidak beristirahat dengan maksimal.  

Sebenarnya apa sih insomnia itu ? Menurut wikipedia, insomnia ialah adalah tanda-tanda kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur—walaupun ada kesempatan untuk itu dan biasanya insomnia disebabkan oleh gangguan di dalam waktu dan prosedur tidur dan sikap yang tidak sehat (seperti tidak teratur jam tidur, seringnya begadang dan penggunaan kafein).


Ada dua jenis insomnia : 
  • Pertama ialah primary insomnia yaitu insomnia yang disebabkan oleh sesuatu yang tidak bekerjasama dengan kondisi kesehatan seseorang. 
  • Kedua,  secondary insomnia, yang penyebabnya ialah bekerjasama dengan kondisi kesehatan menyerupai depresi, kanker, asma, perih, imbas obat-obatan yang dimakan dan lainnya.
Akibat dari insomnia ini sanggup mempengaruhi kualitas hidup, produktifitas kerja dan bahkan yang paling berat sanggup menimbulkan depresi. Dan untuk para perempuan nih, ternyata insomnia itu juga sanggup mempengaruhi kesehatan kulit dan berat tubuh jadi naik, nah lho! Kenapa coba, berat tubuh ikutan naik ? Ya iyalah, lantaran kita nggak sanggup tidur maka bawaannya lapar terus dan hasilnya ngemil lah pelariannya :) . O iya, berdasarkan penelitian, insomnia itu lebih banyak terjadi pada perempuan dibandingkan dengan laki-laki dengan perbandingan 3 : 2. Heemmm....

Terus siapa saja yang sanggup terkena insomnia ? Insomnia itu tidak mengenal usia ataupun jenis kelamin, semua orang sanggup terkena baik anak usia muda maupun orang tua, dan terjadinya seringkali bersamaan dengan gangguan emosional, menyerupai kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan. Kadang-kadang seseorang juga sanggup mengalami kesulitan tidur walaupun tubuh dan otak tidak lelah.

Kalau kau merasa susah tidur, selalu terbangun di tengah malam dan/atau selalu berdiri jauh lebih cepat dari yang diinginkan maka kau perlu waspada lantaran ketiga tanda ini ialah gelaja kau terkena insomnia.

Lalu bagaimana cara mengatasi insomnia? 

  • Tidurlah di kamar tidur yang nyaman. Matikan lampu dan hal-hal lain yang menimbulkan bunyi menyerupai radio atau hanphone. Kalau di kamar tidur kau berpendingin AC, atur suhunya sesuai dengan kenyamanan kalian dan bila perlu, jangan menaruh jam di kamar tidur lantaran jam itu sanggup menciptakan kau menjadi cemas lantaran belum sanggup terlelap sementara waktu terus berjalan.
  • Gunakan daerah tidurmu hanya untuk tidur. Jangan melaksanakan aktifitas lain selain berbaring lantaran dengan berbaring akan menciptakan tubuh beradaptasi dengan daerah tidur dan menimbulkan rangsangan untuk tidur.
  • Jangan terlalu banyak makan dan minum menjelang tidur. Makan yang terlalu banyak akna menciptakan perutmu jadi tidak nyaman dam bila kebanyakan minum, kau akan selalu bolak balik ke belakang untuk buang air kecil.
  • Kurangi minum-minuman yangbersifat stimulan menyerupai teh kopi, alkohol dan juga rokok lantaran akan mengakibatkan kau selalu terjaga dan sulit tidur.
  • Kalau kau merasa lapar sebelum tidur, makan kudapan yang mengandung sedikit karbohidrat,bisa juga kau tambahkan dengan segelas susu low fat yang hangat.
  • 30 menit atau maksimal 1 jam sebelum tidur, mandilah dengan air hangat. Mandi air hangat ini berkhasiat untuk mengurangi ketegangan tubuh dan menimbukan imbas sedasi atau merangsang tidur.
  • Stop menonton televisi atau membaca buku setidaknya satu jam sebelum tidur.
  • Jernihkan pikiran kamu. Buang jauh-jauh segala kekhawatiran yang ada di pikiran kamu. Salah satu caranya untuk memlampiaskan segala yang ada dipikiran ialah dengan menulis.
  • Berolahragalah dengan teratur. Olah raga yang teratur sanggup membantu kau yang mengalami problem insomnia lantaran dengan berolahraga kesehatan menjadi lebih optimal sehingga tubuh sanggup melawan stress dengan lebih baik. Lakukanlah olahraga di pagi hari.
  • Melakukan relaksasi secara rutin menyerupai mendengarkan musik, melatih pernafasan, yoga dan lain-lain. Kegiatan relaksasi akan membantu tubuh menjadi lebih santai sehingga mempermudah kau untuk tidur.
  • Yang terpenting, tidur dan bangunlah dengan waktu yang teratur setiap hari. Wakti tidur yang tidak teratur akan mengacaukan waktu tidur kau di hari-hari selanjutnya.

Mungkin metode diatas bukanlah yang  terbaik namun minimal hal tersebut sebagai salah satu cara mengatasi insomnia yang kau alami.

Semoga bermanfaat :)









Post a Comment

0 Comments