6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami




Mata yaitu salah satu organ badan kita yang sangat berharga. Mata yaitu “jendela” alasannya yaitu dengan mata kita sanggup melihat keindahan dunia beserta isinya. Untuk itulah, kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata biar tidak mengalami banyak sekali penyakit atau dilema kesehatan lainnya ibarat rabun jauh, presbiopi, miopi maupun hipermetropi. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mata secara alami? 

Berikut ini yaitu 6 cara menjaga kesehatan mata secara alami : 



  • Lakukan investigasi mata rutin. Pemeriksaan mata secara rutin sangat dianjurkan sekalipun kau tidak berkacamata. Lakukanlah investigasi mata min. 2 atau 3 tahun sekali bila dirasa mata kau masih sehat. Namun bila sudah menggunakan beling mata minus/plus, menggunakan kontak lensa, mengidap penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan mempunyai riwayat penyakit mata dalam keluarga sangat dianjurkan untuk melaksanakan investigasi 1 tahun sekali. 
  • Beri nutrisi pada mata. Sebagai salah satu organ badan yang vital, mata juga perlu dijaga kesehatannya , salah satunya yaitu dengan memberi nutrisi. Konsumsilah masakan yang kaya akan Omega 3, Lutein, Zink, Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E. Zat-zat nutrisi tersebut sanggup membantu menunda gangguan penglihatan akhir bertambahnya usia ibarat degenerasi macular dan katarak. Sumber – sumber nutrisi tersebut sanggup kita dapatkan dari sayuran hijau ibarat kangkung, bayam, sawi, ikan-ikanan ibarat tuna, tongkol, dan bandeng dan jenis ikan lainnya terutama yang berasal dari laut, telur, kacang-kacangan, buah-buahan ibarat pepaya, jeruk dan tomat. 
  • Pakai kacamata hitam. Sinar matahari yang terik dan polusi debu serta asap kendaraan bermotor sangat mempengaruhi kesehatan mata. Oleh alasannya yaitu itu, gunakalan selalu kacamata hitam untuk melindungi mata kamu. Pilihlah kacamata yang sanggup menghalau 100% sinar ultraviolet dari matahari dengan bentuk bingkai yang cukup ketat atau model wrap around. Untuk yang sering mengemudi, pilihlah kacamata polarisasi untuk mengurai silau di mata. 
  • Gunakan kacamata google. Kalau pekerjaan kau berafiliasi dengan material-material yang cukup berbahaya ibarat pekerjaan di laboratorium atau di area pembangunan gedung (arsitek), gunakanlah selalu kacamata google selama pekerjaan berlangsung. Beberapa jenis olahraga juga memerlukan kacamata khusus ibarat renang, jogging, menembak,dll. 
  • Berhenti merokok. Selain merusak kesehatan paru-paru, asap rokok juga sanggup mempercepat terjadinya katarak, kerusakan syaraf dan degenerasi macular. Oleh alasannya yaitu itu, berhentilah merokok. Memang tidaklah gampang untuk menghentikan kebiasaan merokok, tetapi berusahalah terus, semakin sering kau mencoba berhenti merokok, semakin besar pula kemungkinan kau berhasil. 
  • Jaga jarak mata dengan monitor computer. Saat ini hampir semua pekerjaan menggunakan komputer. Terlalu sering dan terlalu dekat  menatap layar monitor sanggup merusak lensa mata, mata kering dan berair, pandangan kabur, gangguan melihat jauh, kepala pusing, leher dan pundak terasa kaku dan sakit. Untuk menghindari hal itu semua, aturlah posisi layar monitor sejajar dengan mata, hal ini akan menciptakan pandangan sedikit menunduk dikala menatap layar monitor sehingga mata tak cepat lelah. Hindari juga menggunakan pencahayaan layar monitor yang terlalu terang, gunakan pelapis layar anti glare bila memang diperlukan. Pastikan bangku kerja kau nyaman, tidak terlalu tinggi atau rendah dan telapak kaki sanggup menapak lantai. Jika mata kau mulai terasa kering, berkedip-kediplah, istirahatkan mata dengan jeda waktu setiap 20 menit dengan melihat sejauh 6 – 7 meter selama 20 detik. Tiap dua jam beristirahatlah sejenak dan bangkit dari daerah duduk selama 15 menit. 

Demikianlah 6 cara yang sanggup kau lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Jika anda benar – benar menjaga mata anda dengan baik dan melaksanakan cara-cara sederhana dalam menjaganya ibarat di atas maka mata kau akan selalu sehat.

Semoga bermanfaat :)
Sumber : www.wom.my

Post a Comment

0 Comments