Vitamin Yang Diharapkan Untuk Menjaga Dan Merawat Kesehatan Kulit

Vitamin Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit. Kulit ialah salah satu panca indera badan yang penting untuk melindungi badan kita dari aneka macam gangguan kesehatan badan yang diakibatkan oleh faktor lingkungan menyerupai virus, bakteri, beberapa materi kimia, dan perubahan temperatur. Oleh lantaran itu, menjaga dan melaksanakan perawatan kulit secara rutin sangatlah penting. Selain mempunyai kegunaan sebagai pelindung, mempunyai kulit yang sehat dan anggun juga menjadi  faktor yang sering sekali dijadikan evaluasi seseorang terhadap diri kita ketika bertemu. 

Kecantikan dan kesehatan kulit sangat tergantung pada contoh makan yang sehat.Semakin baik asupan nutrisi kita maka semakin sehat dan bersinar pula kulit kita.  Selain melaksanakan perawatan kulit secara rutin, cara yang paling baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit ialah dengan menberikan nutrisi yang baik bagi kulit dari kuliner yang kita makan. Asupan nutrisi yang baik sangat diperlukan oleh kulit setiap harinya biar tetap sehat dan bisa menggantikan sel-sel kulit mati dengan sel-sel kulit gres yang lebih sehat.

Sangat banyak vitamin dan mineral yang terkandung di dalam kuliner yang mempunyai kegunaan untuk menjaga kesehatan kulit. Namun, vitamin apa saja yang diperlukan untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit? 

Vitamin Yang Dibutuhkan Untuk Menjaga dan Merawat Kesehatan Kulit


  • Vitamin A dan Beta Karoten

Vitamin A sangat penting untuk perbaikan dan pemeliharaan kulit. Jika Anda mempunyai jenis kulit kering dan bersisik maka  itu sanggup menjadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin A. Beta Karoten yang merupakan prekursor vitamin A ialah antioksidan yang ditemukan dalam kuliner berwarna cerah.  Beta Karoten membantu untuk mengurangi kerusakan tanggapan radikal yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari.  Sumber vitamin A dan beta -karoten dari kuliner berupa  hati, asparagus, polong-polongan, kangkung , bayam, telur, kentang, melon, dan paprika. Pemakaian vitamin A dalam krim perawatan kulit berfungsi untuk mengurangi pembentukan komedo, mengurangi kerutan halus, dan mencerahkan wajah.

  • Vitamin B Kompleks

Didalam kandungan vitamin B terdapat satu nutrisi dasar yang disebut Bioitin. Biotin ini bertugas menjaga kesehatan sel-sel kulit, kuku dan rambut. Kekurangan vitamin B sanggup menimbulkan dermatitis (gatal, reaksi kulit bersisik)atau rambut rontok. Tubuh kita sendiri sanggup memproduksi biontin ini diproduksi oleh tubuh, namun kita juga bisa mendapat zat ini dari kuliner menyerupai pisang, telur, oatmeal dan beras.


  • Vitamin C

Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology mengungkapkan bahwa vitamin C bisa melawan efek negative dari paparan sinar matahari. Vitamin C bermanfaat untuk mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari, asap, dan polusi. Radikal bebas ini merusak kolagen dan elastin, serat yang mendukung struktur kulit, mengakibatkan keriput dan gejala penuaan dini. Vitamin C juga berperan dalam sintesis kolagen sehingga sanggup menjaga kelembutan dan kekencangan kulit . Vitamin C gampang dan banyak kita temui dalam buah-buahan dan sayur-sayuran.

  • Vitamin D

Vitamin D sangat berperan penting dalam membangun sistem imunisasi pada kulit dan pembentukan epitel. Vitamin D yang terdapat pada kulit diaktifkan melalui pertolongan sinar matahari, itulah sebabnya disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi hari setidaknya 20 menit hingga dengan 30 menit . Vitamin D juga bisa kita dapatkan dari kuliner yaitu kuning telur, hati, krim, mentega dan minyak hati-ikan.

  • Vitamin E

Vitamin E ialah salah satu vitamin yang juga berfungsi untuk menjaga kekenyalan  dan kelenturan kulit. Seperti vitamin C, vitamin E juga sanggup mengurangi imbas jelek tanggapan pembentukan radikal bebas di kulit yang disebabkan oleh sinar matahari (UV) sehingga sanggup memperlambat munculnya kerutan dan gejala penuaan dini. Vitamin E terdapat pada kuliner yaitu kacang-kacangan, ikan tuna, tauge, alpukat, lobster, dan minyak zaitun.



  • Zinc (Seng)

Zinc (seng) merupakan mineral penting yang membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan untuk menyembuhkan luka . Zinc juga bertugas untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet matahari yang berbahaya . Jika Anda menderita jerawat, bis ajadi itu tandanya Anda kekurangan zat zinc pada tubuh. Zinc sanggup membantu mencegah abuh dan mengatur produksi minyak pada kulit . Makanan yang mengandung  zinc yang tinggi ialah : tiram, unggas, biji labu, jahe, kacang-kacangan, jamur dan biji-bijian.


Selenium merupakan antioksidan mineral berpengaruh yang sanggup menjaga kekencangan dan elastisitas kulit . Selenium  juga mempunyai kegunaan untuk mencegah abuh  dan membantu dalam pencegahan kanker kulit. Selenium sanggup membantu perembesan vitamin E dan meningkatkan fungsi antioksidan vitamin E di kulit sehingga karenanya kulit tampak bersinar dan mengurangi kerusakan kolagen kulit . Sumber kuliner yang mengandung selenium ialah kacang brazil,  kakap merah, ikan tuna, hati, gandum, ikan, bawang, kuliner laut, biji-bijian, beras merah, dan unggas.

  • Omega 3

Jika kulit Anda kering, rentan terhadap peradangan, dan sering dihiasi dengan komedo, bisa jadi itu pertandabahwa Anda kurang Omega 3. Tanpa pasokan yang cukup dari Omega 3, kulit menghasilkan bentuk yang lebih kental dari sebum yang sanggup menimbulkan dilema menyerupai komedo dan jerawat. Omega 3 bermanfaat untuk penyembuhan di aneka macam kondisi peradangan menyerupai eksim, berperan untuk perbaikan kulit , kadar air dan fleksibilitas keseluruhan. Karena badan tidak memproduksi Omega 3 ini  maka harus diperoleh melalui makanan. Sumber kuliner tinggi omega -3 antara lain: kacang-kacangan, flaxseed,salmon, makarel, sarden , chiaseed dan pil minyak ikan. 

Setiap orang bisa mendapat semua nutrisi kulit yang  mereka butuhkan dari multivitamin, mineral dan contoh makan yang sehat. Salam - Tips Hidup Sehat Dan Cantik Alami (dee)
Sumber : www.wom.my

Post a Comment

0 Comments