Tips Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Tips Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit - Perhatikanlah wajah Anda di cermin, apakah wajah tampak hitam kusam, tidak bercahaya, berflek hitam atau bahkan berjerawat ? Maka itu artinya sudah saatnya bagi Anda untuk segera melaksanakan perawatan. Selain itu juga Anda sudah harus menerapkan contoh hidup yang seimbang yaitu dengan mengkonsumsi kuliner bergizi, tidur cukup dan berolah raga secara teratur.  Hindarilah penyebab-penyebab yang menciptakan kerusakan kulit menyerupai paparan sinar UV matahari, merokok, minuman beralkohol, lantaran sanggup  menyebabkan hitam kusam, tidak bercahaya, berflek hitam atau bahkan berjerawat dan penuaan dini.

Menjaga dan merawat kesehatan kulit semoga selalu sehat, segar dan bersinar merupakan salah satu investasi kesehatan untuk masa depan. Memiliki kulit yang mulus, sehat dan bagus akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Namun untuk melaksanakan perawatan kesehatan kulit sebaiknya Anda tidak asal menentukan produk perawatan kesehatan kulit dan kecantikan yang mengatakan hasil maksimal secara instan, apa lagi bila produk itu tidak mempunyai izin dari Departemen Kesehatan. Sebagai  alternative pengganti produk yang berbahan dasar kimia,  Anda sanggup mencoba dengan memakai produk perawatan kesehatan kulit  dan kecantikan berbahan dasar alami, yang tentu saja lebih aman. Untuk mendapat jenis perawatan kesehatan kulit yang tepat, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu jenis kulit Anda.

Jenis Kulit Wajah.

1. Kulit Normal. Kulit normal yaitu jenis kulit yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Jenis kulit  normal  memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Tidak terlalu sensitive
  • Nyaris tak tampak pori-pori
  • Warna kulit yang bercahaya/berseri
  • Sangat sedikit flek atau ketaknormalan lain pada kulit


2. Kulit Kering. Kulit kering yaitu tipe kulit yang kurang akan kelembaban alami. Sangat sedikit minyak yang sanggup melindungi dan mempertahankan kelembaban di permukaan kulit.Ciri-ciri jenis kulit kering yaitu :
  • Pori-pori umumnya tidak kelihatan
  • Permukaan kulit yang kusam atau kasar
  • Bercak merah
  • Kurang elastis
  • Terlihat lebih banyak garis-garis pada kulit


3. Kulit Berminyak. Kulit berminyak dicirikan dengan kadar minyak yang berlebihan pada kulit, khususnya pada wajah. Tipe kulit ini bahkan akan berminyak hanya beberapa jam sehabis mandi atau membersihkan wajah.

Kulit berminyak sanggup jadi bersifat genetik (diturunkan), tetapi sanggup juga disebabkan oleh pubertas, yang menimbulkan kelenjar minyak memproduksi sebum secara berlebihan. Selain itu, kulit berminyak sanggup disebabkan oleh stres dan terpapar oleh panas atau suhu yang terlalu lembab.

Kadar minyak berlebih biasanya tampak pada “T-zone” di wajah, menyerupai dahi, hidung dan dagu. Ciri lain dari kulit berminyak yaitu berupa pori-pori yang tampak besar, kulit yang kusam dan mengkilat, serta keberadaan komedo dan jerawat.

4. Kulit Sensitif. Jika kulit anda sensitif, kenali pemicunya sehingga anda sanggup menghindari hal-hal yang menjadikan kulit anda lebih sensitif. Kulit sensitif sanggup disebabkan oleh beberapa sebab, namun lebih seringnya hal tersebut terjadi sebagai respon penggunaan produk perawatan kulit tertentu.

Ciri kulit sensitif sanggup diketahui melalui gejala berupa kulit yang kemerahan, gatal, tampak terbakar, sampai kering dan kusam.


Tips Perawatan Wajah Sesuai Jenis Kulit

A. Perawatan Kulit Berminyak. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila mempunyai jenis kulit berminyak.

Bagi Anda yang mempunyai jenis kulit berminyak harus rajin dan rutin untuk membersihkan wajah Anda, hal ini mempunyai kegunaan untuk  menghilangkan minyak berlebih yang tertimbun di pori-pori kulit dan menimbulkan tersumbatnya pori-pori lantaran minyak pada pori-pori itu selanjutnya sanggup menjadi kawasan menempelnya kotoran dan debu yang mengakibatkan kulit  menjadi kusam dan tidak indah dipandang. Hal ini sangat berpotensi mengakibatkan timbulnya jerawat dan bisul.  Tips perawatan jenis kulit berminyak ini yaitu  bersihkan wajah minimal tiga kali sehari, khususnya sehabis bepergian, di siang hari dan menjelang tidur. Timbunan lemak dan kotoran yang melekat pada pori-pori wajah harus sering dibersihkan. Pembersihan sanggup dilakukan dengan pemijatan wajah, peeling, dan facial.

Pori-pori kulit berminyak cenderung melebar sehingga berpotensi menimbun lemak berlebihan. Maka solusi untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi kadar lemak, gunakanlah perasan jeruk nipis dan oleskan pada wajah, lakukan secara rutin.

Selain itu juga untuk mengecilkan pori-pori wajah, mengangkat kotoran dan mengurangi kadar minyak yang berlebihan,dapat dilakukan penguapan pada wajah. Caranya sangat mudah, ambil bejana atau wadah lain, kemudian isi dengan air mendidih. Letakan wajah diatas air mendidih dengan handuk epilog disekitar kepala  sehingga uap terkonsentrasi pada kulit wajah.

Kurangi mengkonsumsi makanan-makanan pemicu munculnya lemak secara berlebihan pada kulit, menyerupai cokelat, kuliner pedas, kuliner bersantan, kuliner yang digoreng.

B. Perawatan Kulit Kering. Jika kulit wajah Anda termasuk kering, sebaiknya Anda perhatikan hal-hal sebagai berikut.

  • Jangan memakai air hangat untuk mencuci wajah lantaran akan menciptakan kulit semakin kering. Cukup memakai air biasa yang segar.
  • Jangan sembarangan memakai sabun untuk mencuci wajah lantaran sanggup mengurangi kadar minyak yang menimbulkan kulit semakin kering. Jika ingin memakai sabun sebaiknya gunakan sabun pencuci muka yang mengandung minyak zaitun atau gliserol.
  • Jika kulit mengalami kekeringan yang cukup parah, hindari penggunaan sabun biasa untuk membersihkan wajah, gunakanlah pembersih wajah khusus yang mengandung susu untuk nutrisi kulit.
  • Dalam keadaan kering, terkadang terjadi pengerutan pada kulit, untuk itu gunakan minyak zaitun atau gliserol secara teratur setiap sore dan sehabis mandi. Untuk mengurangi bau gliserol ,bisa dengan menambahkanlah air mawar.
  • Kulit kering lebih memerlukan perawatan dengan memakai masker wajah dibanding jenis kulit lainnya untuk menghaluskan kulit sekaligus membuatnya tampak cerah dan sehat.  Cukup gunakan masker seminggu sekali secara rutin.
  • Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Usahakan semoga selalu minum air putih setiap hari sesuai kebutuhan.


C. Perawatan Kulit kering Berminyak. Terhadap jenis kulit ini perlu penggabungan antara perawatan kulit berminyak dan kulit kering. Berikut ini tips perawatan untuk jenis kulit kering berminyak :

  • Pada dikala membersihkan wajah,fokuskan pada kepingan berminyak daripada kepingan kering, menyerupai : Maksimalkan penggunaan pelembab minyak zaitun pada kepingan kulit yang kering, bukan kepingan yang berminyak.
  • Maksimalkan penggunaan perasan jeruk nipis pada kepingan kulit yang berminyak, bukan kepingan yang kering.


D. Perawatan Kulit Normal.  Anda beruntung bila mempunyai jenis kulit normal. Walaupun begitu, janganlah berlebihan dalam memakai sabun wajah semoga kulit tidak menjadi kering. Cukup bersihkan wajah dua kali sehari pagi dan sore dengan sabun khusus wajah yang baik atau ramuan pembersih khusus. Berhati-hatilah dengan penggunaan sabun dan kosmetik yang mengandung materi kimia lantaran sanggup membahayakan kulit.

E. Perawatan Kulit Sensitif. Anda perlu lebih berhati-hati dalam melaksanakan perawatan wajah kulit sensitif, perhatikanlah hal-hal berikut.

  • Hindari bahan-bahan kosmetik dan night cream yang bersifat mengelupas kulit lantaran sanggup mengakibatkan iritasi pada kulit sensitif.
  • Hindari pemakaian bedak atau kosmetik lain bila tidak cocok untuk kulit, yang justru menimbulkan iritasi, rasa gatal dan bintik-bintik.
  • Hindari konsumsi kuliner yang sanggup menimbulkan iritasi pada kulit sensitif, contohnya seafood.
  • Gunakan penyegar yang tidak mengandung alkohol lantaran produk yang mengandung alkohol akan memicu reaksi pada kulit sensitif. Sebaiknya pilih penyegar yang mengandung lavender.
  • Gunakanlah produk kosmetik berlabel “untuk kulit sensitif” atau berkonsultasilah dengan dokter.


Demikian artikel perihal tips perawatan wajah sesuai jenis kulit. (dee - dari banyak sekali sumber)

Post a Comment

0 Comments