P2P Lending di Indonesia yang Menguntungkan


Para pelaku usaha kecil dan menengah membutuhkan dana atau modal untuk mengembangkan bisnis yang mereka miliki. Jika bank dahulunya menjadi pilhan utama dalam mendapatkan modal usaha, kini pelaku usaha kecil dan menengah dapat meminjam dana melalui Amartha. Amartha menawarkan pinjaman berbasis elektronik yang melibatkan jaringan internet di dalamnya. Layanan keuangan tersebut dikenal dengan nama p2p lending.



Layanan jasa keuangan ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi mereka yang membutuhkan dana pinjaman melainkan juga melakukan investasi untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Keuntungan yang ditawarkan sebesar 15% setiap tahunnya. Selain keuntungan berupa cashflow, kegiatan investasi dan pinjaman dana dapat dilakukan dengan aman. Ijin usaha dari OJK menjadi jaminan keamanan yang dapat kita percayai ketika meminjam dana dan investasi di Amartha.

Peer to Peer Lending adalah layanan keuangan untuk mempertemukan penerima pinjaman dan pemberi pinjaman melalui sistem elektronik. Ketika memberikan layanan keuangan, jaringan internet menjadi alat penghubung utama. Layanan fintech ini dapat mengelola, mengoperasikan dan menyediakan layanan pinjam meminjam dana berbasis teknologi. Perkembangan fintech di Indonesia sendiri telah mengalami perkembangan. Alasan paling utama mengapa masyarakat Indonesia tertarik untuk melakukan pinjaman dan berinvestasi pada fintech adalah keuntungan yang didapatkannya.

Untuk peminjamnya sendiri, mereka dapat melakukan pinjaman tanpa harus memberikan jaminan apapun. Dalam melakukan pinjaman, peminjam dana tidak perlu melalui proses formal. Tanpa harus melampirkan persyaratan tertentu, peminjam dapat meminjam dana yang mereka perlukan dengan mudah dan cepat. Peminjam dana bahkan akan mendapatkan suku bunga yang rendah. Pinjaman pribadi yang dilakukan berjumlah lebih sedikit jika kita membandingkannya dengan tagihan kartu kredit. Dengan suku bunga yang rendah, tak mengherankan jika banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk mengajukan pinjaman.

Selain menguntungkan bagi peminjam dana, p2p juga memberikan keuntungan bagi investor. Investor tidak perlu ragu akan keamanan berinvestasi karena penyelenggara jasa keuangan mendapatkan pengawasan dari OJK. Segala jenis layanan keuangan bahkan diatur oleh peraturan OJK. Pemberi dana atau investor dapat berinvestasi dengan mudah. Pendana tidak akan disulitkan untuk mengalokasikan dana yang mereka miliki. Dengan suku bunga yang diterima, investor akan mendapatkan pendapatan tersendiri.

Pendapatkan inilah yang menjadi keuntungan utama bagi para investor. Keuntungan besar yang diraih oleh investor sangat mudah didapatkan oleh pemberi dana. Hal tersebut dapat terjadi akibat sistem pendanaan fintech. Dengan banyaknya keuntungan yang akan diterima oleh peminjam dan pemberi dana, kita tidak perlu ragu untuk berinteraksi dengan fintech. Amartha bahkan menjamin keuntungan dalam jumlah besar bagi para investor yang melakukan pendanaan. Peminjam juga akan mendapatkan imbasnya dengan kemudahan mendapatkan modal dan jumlah bunga pinjaman yang rendah.

Post a Comment

0 Comments