Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Cepat

 Rasa nyeri yang mendera sangat mengganggu sekali sehingga mengakibatkan banyak kegiatan men Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Cepat

Cara Mengatasi Nyeri Haid Dengan Cepat. Bagi wanita, mengalami nyeri pada dikala haid/menstruasi yaitu merupakan  suatu problem yang sangat mengganggu. Rasa nyeri yang mendera sangat mengganggu sekali sehingga mengakibatkan banyak kegiatan menjadi terhambat dan menciptakan mood yang kurang dekat alias bad mood. Namun,karena sudah menjadi "tamu bulanan" maka tentu saja para perempuan yang sudah mengalami menstruasi tidak sanggup menghindari datangnya rasa nyeri haid ini. Cara mengatasi nyeri haid dengan cepat bagi sebagian perempuan yaitu dengan meminum obat pereda rasa nyeri yang dijual bebas semacam parasetamol dan lainnya. 

Hanya bagi sebagian perempuan yang tidak terbiasa meminum obat pereda rasa nyeri seringkali mau tidak mau mencicipi rasa nyeri haid dengan meringkuk di atas tempat tidur sepanjang hari sebagai cara mengatasi nyeri haid yang dideritanya. 

Munculnya nyeri haid atau dalam bahasa medis disebut Dismenorea. Dismenorea terjadi disebabkan lantaran pada masa menstruasi terjadi kontraksi di perut dengan cepat  dimana kontraksi tersebut merupakan pecahan dari peluruhan dinding rahim dikala haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga  memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Tidak adanya oksigen inilah yang mengakibatkan jaringan rahim melepaskan materi kimia yang menimbulkan rasa nyeri.

Rasa nyeri haid yang berlebih akan terasa lantaran badan juga mengeluarkan materi kimia berjulukan prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi. Selain  itu, prostaglandin juga memicu kondisi lain menyerupai mual, diare, lemas, dan sakit kepala yang kerap menyertai rasa nyeri. Ada sebagian perempuan memproduksi prostaglandin dalam jumlah lebih banyak sehingga lebih mencicipi nyeri dibandingkan yang lain.

Dalam dunia kedokteran istilah dismenorea digunakan untuk nyeri haid yang berlebihan sehingga memaksa penderitanya untuk istirahat dan meninggalkan aktivitasnya dalm beberapa beberapa jam atau beberapa hari.

Dismenore ini  terbagi menjadi menjadi dua, yaitu :

1. Dismenorea primer
Adalah nyeri haid yang tidak disertai kelainan organ kewanitaan yang nyata. Rasa nyeri ini timbul pada dikala menjelang atau bersamaan dengan haid. Banyak  teori dikemukakan mengenai penyebab dismenore primer ini tetapi patofisiologinya belum diketahui secara pasti. Faktor faktor yang menghipnotis  dismenore primer ini diantaranya yaitu faktor endokrin dimana dikala haid hormon estrogen dan progesteron rendah.Penurunan kadar hormon estrogen dan progesteron mengakibatkan endometrium memproduksi prostaglandin yang mengakibatkan kontraksi otot polos pada rahim untuk mengeluarkan darah haid dari rongga rahim ke vagina. Kontraksi yang terlalu keras mengakibatkan kram atau nyeri perut yang sangat sakit. Efek lain dari prostaglandin ini antara lain diare,pusing, dan muntah. Faktor psikologis juga sanggup menjadi pemicu dismenorea, hal ini biasanya terjadi pada gadis-gadis yang secara emosional belum stabil dan mempunyai ambang nyeri yang rendah maka mereka lebih rentan mengalami dismenorea primer.

2.Dismenorea sekunder
yaitu dismenorea yang disebabkan lantaran kelainan organ dalam kewanitaan menyerupai rahim, indung telur, penggantung rahim dsb. Gangguan organ dalam kewanitaan yang mengakibatkan dismenore sekunder sanggup berupa:
  • Endometriosis: terjadi ketika sel-sel yang menyelubungi rahim mulai tumbuh di luar rahim, menyerupai ovarium atau tuba falopi. Sel ini mengakibatkan rasa sakit yang hebat ketika meluruh.

  • Radang panggul: infeksi yang sanggup menjadikan inflamasi pada rahim, ovarium dan tuba falopi.

  • Adenomiosis: jaringan lapisan paling dalam rahim mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim sehingga menimbulkan nyeri dikala haid.

  • Fibroid: tumor yang tidak bersifat kanker di dalam rahim.

  • Intrauterine device (IUD): kontrasepsi yang ditempatkan dalam rahim ini terkadang sanggup mengakibatkan nyeri haid, terutama di masa awal pemasangan.

  • Stenosis leher rahim: pembukaan pada leher rahim beberapa perempuan sangat kecil sehingga membatasi pemikiran darah untuk keluar dikala haid. Kondisi ini mengakibatkan tekanan pada rahim yang menjadikan nyeri.


Selain nyeri haid, dismenorea sekunder umumnya disertai tanda-tanda lain menyerupai menstruasi yang tidak teratur, keputihan yang kental dan berbau, pendarahan di antara masa menstruasi, serta nyeri dikala melaksanakan hubungan seksual.

Batas perbedaan antara dismenorea sekunder dan primer tidak begitu konkret kalau dinilai dari keluhan penderita saja. Oleh lantaran itu diperlukan investigasi yang lebih mendalam terhadap penderita. Jika kau mengalami rasa nyeri haid yang berlebih, segeralah untuk  memeriksakan diri dan berkonsultasi lebih jauh ke dokter umum atau dokter seorang andal kandungan.

Cara apa saja yang sanggup kau lakukan untuk mengatasi nyeri haid dengan cepat dan secara alami ? 

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid yang mengganggu  tanpa meminum obat anti nyeri. 

1. Mengompress perut dengan air hangat. 
Lakukan pengompresan pada pecahan perut yang nyeri dengan meletakkan kantong karet atau botol beling yang berisi air hangat atau  bisa juga memakai handuk yang sudah direndam dengan air hangat. Rasa hangat  akan membantu meredakan rasa sakit akhir nyeri haid. 

2. Mengompress perut dengan air dingin.
Caranya sama dengan mengompress dengan air hangat , hanya disini diganti dengan air hambar (air es) atau dikala ini banyak apotik yang menjual cold pack yaitu kantong yang berisikan es kerikil (cube ice). Efek dari cara mengompress dengan air hambar ini yaitu terjadinya pembuluh darah penguncup (asokonstriksi) dan penurunan metabolik, membantu mengontrol perdarahan dan pembengkakan lantaran trauma, mengurangi nyeri, dan menurunkan acara ujung saraf pada otot.

3. Pemijatan
Lakukan pemijatan ringan di tempat perut bawah. Lakukan dengan gerakan memutar searah jarum jam, dengan tenaga yang secukupnya tidak terlampau besar lengan berkuasa dan memakai ujung jari.Untuk melancarkan gerakan pemijatan, gunakan baby oil atau cream. Penggunaan baby oil atau cream sanggup juga berfungsi sebagai aromatherapy untuk relaksasi dan meringankan beban nyeri yang kau rasakan. 

4. Minuman hangat.
Sama halnya dengan pengompresan dengan air hangat, minum minumamn hangat sanggup membantu mengurangi rasa nyeri. Akan tetapi harus diingat, jangan minum minuman yang mengandung kafein menyerupai kopi ,alkohol dan mempunyai kadar gula yang tinggi lantaran ketiga jenis minuman ini akan menambah parah rasa nyeri haid Anda. Sebagai pengganti minuman diatas, kau sanggup minum air jahe hangat, susu hangat, coklat hangat, Susu Telor Madu Jahe, dll. 




Namun, kalau kau masih mencicipi nyeri dan  menginginkan cara alami untuk mengobati nyeri haid, berikut ini materi dan cara pembuatannya.
  • Jahe. Iris jahe tipis-tipis kemudian rebus dalam panci yang diisi deengan 3 gelas air,biarkan hingga mendidih dan tambahkan sedikit gula. Minum tiga kali sehari. Rasa hangat yang ditimbulkan oleh air rebusan jahe ini sanggup membantu mengurangi rasa nyeri di perut. 
  • Daun Mint.Seduh daun mint secukupnya dengan teh, minum 1-2 cangkir setiap hari. Rasa nyaman akan mulai timbul di perut dan rasa nyeri akan sedikit berkurang.
  • Kunyit. Ambil kunyit secukupnya kemudian diparut dan peras hingga keluar airnya. Agar rasanya tidak pahit dikala diminum, kau sanggup menambahkan sedikit madu pada air perasan kunyit tersebut. Kunyit mengandung materi anti peradangan sehingga sanggup membantu meredakan nyeri haid. 
  • Asam jawa. Masukkan asam jawa ke dalam air kemudianmasak hingga mendidih. Sebelum diminum, saring terlebih dahulu semoga ampas asam jawa tidak turut terminum. Asam jawa mengandung potassium yang cukup tinggi yang sangat baik untuk membantu mempercepat proses peluruhan sel endometrium serta membantu meredakan kontraksi yang terjadi pada otot rahim. Asam jawa juga mempunyai kegunaan untuk memberi efek yang sangat baik dalam membantu meredakan imbas panas yang terjadi pada perut selama masa haid.
  • Kayu manis. Selain mempunyai kegunaan sebagai salah satu materi untuk menciptakan kuliner ringan bagus dan masakan, kayu bagus juga sanggup membantu meredakan nyeri dikala haid dengan cepat. Carnya, seduh 1-2 potong kayu bagus dengan air teh hangat. Rasanya yang bagus dan  harum sanggup untuk relaksasi.
  • Air Kelapa Hijau. Sudah semenjak usang orang mengetahui bahwa air kelapa hijau sangat manjur untuk mengatasi banyak sekali penyakit menyerupai keracunan kuliner hingga obat nyeri dikala menjelang haid. Untuk mengatasi nyeri haid, caranya yaitu minum air kelapa hijau dicampur dengan gula kelapa sebanyak 2 kali sehari selama 3 hari berturut-turut menjelang haid.
  • Kencur. Kencur juga sanggup dijadikan obat untuk mengatasi nyeri haid. Siapkan dua potong kencur sebesar ibu jari (dicuci higienis kemudian diparut), sehelai daun trengguli, 1 cengkih dan 1/2 sendok teh adas. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa hanya 1 gelas. Saring airnya dan diminum 2 kali sehari setiap pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas tiap kali minum. 
  • Bunga Cengkeh. Manfaat cengkeh selain sanggup mengobati sakit gigi, juga sanggup digunakan untuk mengobati sakit perut dikala haid. caranya yaitu siapkan 2 bunga cengkih, 7 butir ketumbar, kunyit berukuran 2 cm (dikupas kemudian dicuci) dan parutan biji pala sebanyak 1 sendok teh rata. Semua materi direbus dengan 1 gelas air hingga airnya tinggal setengah. Saring airnya dan diminum hangat-hangat.

Demikianlah beberapa macam materi herbal yang sanggup digunakan untuk mengatasi nyeri haid dengan cepat. Semoga cara mengatasi nyeri haid baik yang tanpa obat-obatan maupun dengan dengan memakai obat dari materi alami/herbal sanggup membantu untuk mengatasi keluhan nyeri haid dan melancarkan haid. Bahan herbal untuk mengatasi nyeri haid ini juga rendah residu serta tidak akan memperlihatkan imbas samping berbahaya apapun selama kau konsumsi sewajarnya. 

Bila rasa nyeri tidak juga berkurang maka kau sebiaknya segera mengunjungi dokter untuk dilakukan investigasi sehingga sanggup diketahui penyebab keluhan nyeri haid kau dengan segera, (dee)

Sumber : www.wom.my


     
  

  


Post a Comment

0 Comments