Benarkah Makan Nasi Sanggup Menjadikan Kegemukan?

Benarkah Makan Nasi Dapat Menyebabkan Kegemukan Benarkah Makan Nasi Dapat Menyebabkan Kegemukan?
Tips Hidup Sehat dan Cantik Alami - Kamu sedang mengikuti jadwal diet? Ketika mendengar kata nasi,maka kemungkinan akan timbul perasaan takut untuk makan nasi. Sebisa mungkin menghindari kuliner yang berjulukan nasi.  Terbayang-bayang di  alam pikiran perihal citra bentuk tubuh yang gemuk. Jangan sesekali menanamkan di logika dan pikiran kau bahwa makan nasi sanggup mengakibatkan kegemukan.

Sebenarnya, nasi  bukanlah penyebab utama naiknya berat tubuh seseorang. Mari kita baca dahulu khasiat positif yang tersirat di balik beras berwarna putih ini, kau niscaya terkejut. Kamu selalu menghindari nasi lantaran selama ini sudah tertanam untuk “memusuhi” sumber utama energi untuk tubuh insan ini.

Khasiat yang terkandung dalam nasi

1- Lemak
Tahukah kau bahwa beras merupakan materi yang rendah lemak dan bebas kolesterol? Nasi bersama-sama cocok untuk kau yang sedang mengikuti jadwal diet lantaran nasi tidak mempunyai lemak jenuh atau pun asam dan sodium yang berupaya meningkatkan tekanan darah. Komposisi lemak yang kecil terkandung dalam beras sangat kecil tetapi lemak tersebut yaitu lemak yang sehat.

Beras merah yang merupakan seratus persen gandum murni mempunyai serat lemak sehat yang lebih tinggi dari beras putih.

Kadar kolesterol yang rendah sangat baik untuk kesehatan jantung. Tidak ada lagi duduk perkara sesak napas, cepat lelah ketika melaksanakan setiap pekerjaan dan paling penting kau akan tetap fit setiap saat.


2- Protein
Setiap insan membutuhkan zat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Protein merupakan unsur kedua yang paling banyak terdapat dalam khasiat beras. Jika ingin dibandingkan dengan sereal yang lain, serat protein yang terdapat dalam beras jauh lebih bermanfaat bagi manusia.

Protein merupakan enzim yang berperan besar mempercepat reaksi biologis dalam tubuh. Bahkan ia juga mempunyai fungsi sebagai penunjang utama untuk memilih ketahanan tubuh.

Jika kau berdiet dengan cara memusuhi nasi dan hanya makan buah-buahan selama seminggu, memang alhasil berat tubuh kau berkurang. Namun, imbas sampingnya tubuh menjadi lemah dan wajah menjadi pucat. Cobalah jikalau kau tidak percaya.


3- Karbohidrat
Diet yang sehat harus seimbang antara protein, karbohidrat dan vitamin. Jika salah satu sumber ini kurang, maka jadwal diet kau harus diubah demi kesehatan tubuh yang berkepanjangan.

Setidaknya, 85 persen energi yang dihasilkan oleh nasi bersumber dari karbohidrat yang terkandung didalamnya. Sebagian akan diubah menjadi sumber energi untuk tubuh. Karena itu, kau akan tetap fit dan bersemangat untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari meskipun jadwal padat.

Sementara sebagian lainnya akan disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan juga otot manusia. Karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi jumlah karbohidrat yang cukup dan tidak berlebihan. Kekurangan karbohidrat mengakibatkan kau tampak lesu, lemah dan tidak berdaya.


4- Vitamin dan Mineral
Nasi terbukti sebagai kuliner kesehatan lantaran kaya sumber vitamin dan mineral menyerupai niacin, vitamin D, kalsium, zat besi, tiamin dan fosfor. Beras merah masih tetap nomor satu sebagai serat yang kaya dengan nutrisi penting untuk kesehatan tubuh.

Vitamin E yang terdapat dalam beras merah mengandung sumber magnesium dan potassium yang diharapkan tubuh untuk menjaga sistem saraf dan otot dalam tubuh. Jumlah sodium yang kurang dalam beras menciptakan kuliner ini sangat cocok untuk mereka yang mengidap tekanan darah tinggi.


5- Kalori
Sumber energi yang ada dalam tubuh insan lebih banyak didominasi dari sumber kalori atau pun tenaga yang diperoleh dari beras. Enzim ini dipercaya bertindak sebagai materi bakar untuk tubuh sekaligus membantu otak untuk berfungsi secara normal.

Secara tidak eksklusif enzim ini efektif mengaktifkan produksi serotonin yang ada dalam tubuh. Efek reaksi kimia ini mengakibatkan perasaan bahagia dan positif dalam diri. Otak kau selalu sehat dan kurang mengalami tekanan/stress.

Mengkonsumsi setengah mangkuk nasi atau setara 80 gram beras menghasilkan 5% energi harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Bagi kau yang sedang diet yang seimbang, makanlah nasi setiap kali pada waktu makan  karena nasi mempunyai vitamin, protein, mineral dan nutrisi penting yang diharapkan untuk tetap sehat. Oleh alasannya yaitu itu, setiap suapan nasi amat berharga.


BACA JUGA : 

5 Jenis Makanan Untuk Kesehatan Wanita

Fakta Tentang Nasi

  • Penelitian menunjukkan nasi merupakan kuliner pokok 2/3 dari populasi penduduk di dunia. Ada sekitar 40 ribu jenis beras yang berbeda di seluruh pelosok dunia. Beras merah yaitu beras yang tidak dibuang kulit arinya. Ia lebih kenyal daripada beras putih dan mempunyai rasa menyerupai kacang. 
  • Tentu saja itu lebih mahal dari beras putih. Beras merah mempunyai serat dan serat yang tinggi mempunyai kegunaan untuk mengurangi risiko menderita kanker serta diabetes.
  • Nasi sangat membantu menajamkan memori otak dari mereka yang menjalankan diet rendah kalori.
  • Makan nasi sebelum melaksanakan olahraga efektif untuk menguraikan lemak dalam tubuh lebih cepat daripada mereka yang sarapan sereal atau pun serat pada waktu pagi.
  • Untuk mempertahankan khasiat nutrisi pada beras, jangan basuh beras berulang kali lantaran bertahap keuntungannya akan hilang.
  • Sudah semestinya nasi bebas dari rasa embel-embel dan juga pewarna buatan yang membahayakan menyerupai yang ada dalam kuliner lain yang terkait.

Setelah membaca khasiat dan manfaat nasi tersebut, masihkah kau beranggapan bahwa makan nasi sanggup mengakibatkan kegemukan ? Berdiet untuk mendapat berat tubuh ideal yaitu baik namun sangat lebih baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
Semoga bermanfaat.   


Post a Comment

0 Comments