Inilah Bahayanya Jikalau Menahan Kencing

Bahaya Menahan Kencing. Apakah Anda termasuk dalam kategori mereka yang suka menahan kencing? Jika ya, tolong hentikan kebiasaan ini lantaran ada ancaman yang menanti buat kesehatan Anda. Proses pembuangan urine pada insan yaitu suatu hal yang masuk akal dan biasa terjadi. Proses membuang air kecil tersebut menerangkan bahwa sistem pencernaan yang ada di dalam badan Anda bekerja dengan baik dan normal. Semua kotoran dan sisa-sisa pencernaan yang sudah tamat disaring dan dibersihkan oleh badan akan keluar melalui urine.

Berikut beberapa ancaman menahan kecing yang harus Anda ketahui lantaran ini sangat berbahaya bagi kesehatan badan Anda.

1. Menahan Pembuangan Kotoran Dalam Tubuh
Jika Anda menahan kencing dalam waktu yang cukup usang berarti Anda telah membiarkan segala kotoran menumpuk di dalam badan lebih lama. Kotoran - kotoran tersebut mengandung banyak zat - zat yang berbahaya buat tubuh, yang mana akan mengakibatkan bisul apabila terlalu usang disimpan atau ditahan di dalam tubuh.

2. Mengganggu Organ-Organ Pencernaan
Dengan terganggunya proses pencernaan, maka organ - organ badan yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan pun akan terganggu. Beberapa organ menyerupai ginjal dan jalan masuk kencing akan terganggu fungsinya.

3. Proses Pencernaan Akan Terganggu
Dengan menahan kencing, secara tak eksklusif hal tersebut akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam diri Anda. Ketika proses pencernaan yang seharusnya selesai, namun tidak dilaksanakan maka hal tersebut sanggup mengganggu proses pencernaan yang berikutnya.


4. Akan Muncul Penyakit-Penyakit Dan Infeksi Pada Organ Pencernaan
Dengan menahan kencing, berarti Anda akan mempermudah badan Anda untuk mengalami penyakit-penyakit yang berafiliasi dengan organ pencernaan. 

Berikut ini beberapa penyakit organ pencernaan yang sanggup terjadi akhir sering menahan kencing:
  • Sakit Ginjal - disebabkan pengumpulan urine yang seharusnya dikeluarkan pada pecahan ginjal.

  • Batu Ginjal - kerikil pada ginjal akan terbentuk dikala urine yang berkumpul pada pecahan ginjal mulai bergumpalan dan mengalami pengerasan. Pengerasan ini sanggup terjadi lantaran urine mempunyai kandungan kristal yaitu Kristal garam yang akan bergumpal dan mengeras serta jadi semakin banyak.

Batu ginjal akan menimbulkan terjadinya:
  • Infeksi pada ginjal
  • Rasa sakit dan pedih dikala kencing
  • Sulit untuk kencing
  • Sering pedih di pecahan ulu hati
  • Infeksi Saluran Kencing

Kencing yang teratur sanggup mencegah terjadinya kerikil ginjal. Selain itu, minumlah air putih secukupnya setiap hari lantaran air putih sanggup mengencerkan cairan urine Anda sehingga zat-zat kotor yang dibawa oleh darah kemudian  disaring ginjal menjadi  tidak gampang mengendap dan terbuang secara lancar. 

Cara pencegahan lainnya yaitu dengan membatasi mengkonsumsi makanan dan minuman zat kalsium oksalat, diantaranya jeruk, coklat, kejur, sayuran, jeroan dan burung dara. 


Untuk mengobati penyakit kerikil ginjal sanggup dilakukan dengan dua program yaitu :
  • Untuk ukuran kerikil ginjal yang masih tergolong kecil maka metode untuk mengeluarkan kerikil masih sanggup dilakukan tanpa perlu dilakukannya operasi. Dokter biasanya akan menyarankan pasien minum cukup air putih setiap hari. Karena banyaknya cairan yang masuk kedalam badan maka diperlukan pasien membuang urine secara teratur dan banyak sehingga kerikil ginjal yang berukuran kecil sanggup ikut keluar dengan sendirinya.

  • Jika kerikil ginjal sudah berukuran besar maka kemungkinan penanganannya dilakukan dengan cara  operasi namun cara ini jarang dilakukan. Operasi gres akan disarankan kalau kerikil tersebut berukuran besar sehingga menyumbat jalan masuk kemih sang pasien dan kalau tidak segera ditangani maka dikhawatirkan sanggup mengakibatkan problem kesehatan yang lebih parah, menyerupai pendarahan atau bahkan kerusakan ginjal.


Urine merupakan sisa pencernaan yang mempunyai banyak kuman dan kotoran yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan pengumpulan urine akan mengakibatkan bisul pada pecahan jalan masuk kencing. 

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri-bakteri yang melekat pada pecahan jalan masuk kencing. Oleh lantaran itu, sangat dianjurkan sekali untuk tidak menahan kencing kalau memang merasa ingin buang air kecil biar terhindar dari efek samping yang berbahaya dari menahan kencing. Semoga artikel ini bermanfaat (dee)

Sumber : www.wom.my

Post a Comment

0 Comments