22 Cara Cepat Sembuh Dari Sakit Flu

 Saat trend penghujan menyerupai dikala ini banyak orang yang terkena penyakit batuk 22 Cara Cepat Sembuh Dari Sakit Flu

Cara Cepat Sembuh Dari Sakit Flu
. Saat trend penghujan menyerupai dikala ini banyak orang yang terkena penyakit batuk, pilek, flu. Kondisi badan yang kurang fit ditambah dengan beban aktifitas sehari-hari cukup berat akan menambah jelek sakit kita. Cara terbaik untuk terhindar dari sakit flu atau pilek berkepanjangan  adalah dengan makan yang cukup, istirahat yang cukup dan berolahraga.

Lalu bagaimana cara kita mengatasi sakit flu  yang berkepanjangan jikalau sudah terkena ? dan ingin segera sembuh? Berikut ini ada 22 cara biar cepat sembuh dari sakit flu tanpa harus minum obat


1. Makan masakan berfermentasi.

Para ilmuwan menyampaikan bahwa orang yang mengkonsumsi probiotik dengan lactobacillus rhamnosus hasil dari fermentasi masakan menyerupai yogurt, kefir dan kimchi hanya mempunyai resiko sebesar 12 % untuk terkena sakit flu atau pilek.







2. Biarkan Jendela Terbuka

Menghabiskan waktu di ruangan yang tertutup sanggup meningkatkan resiko Anda terserang virus. Biarkanlah jendela ruangan terbuka lantaran sirkulasi udara yang keluar masuk akan menciptakan partikel-partikel berbahaya dan virus menjadi selalu bergerak sehingga menciptakan mereka sulit untuk melekat pada tubuh.





3. Mengkonsumsi Jamur

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam dalam Journal of American College of Nutrition mengambarkan bahwa orang yang mengkonsumsi jamur shitake setiap hari selama satu bulan menyampaikan peningkatan jumlah sel T (Limfosit T) cukup tinggi dan menurunnya resiko terkena peradangan. Sel T atau nama lainnya Limfosit T adalah  jenis sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi badan dari sel-sel kanker dan sel-sel yang terinfeksi oleh zat patogen menyerupai basil dan virus.


4. Hindari Penderita Batuk dan Flu

Mungkin bahwasanya Anda akan tidak lezat hati  tetapi bahwasanya menghindari orang yang sedang terkena penyakit pilek atau flu sangatlah penting. Orang yang sedang sakit flu ketika ia bersin akan membuatkan virus dengan radius penyebaran sepanjang kurang lebih 6 meter.

Oleh lantaran itu, ketika seseorang mulai bersin - bersin maka sebaiknya Anda segera menghindar. Supaya orang tersebut tidak tersinggung, mungkin Anda sanggup menyampaikan “ Maaf, saya sangat gampang sekali tertular flu”.

Bagaimana jikalau Anda sendiri yang sakit flu?  Saat bersin, tutuplah hidung Anda dengan siku cuilan dalam menekuk, jangan memakai telapak tangan lantaran jikalau Anda memakai telapak tangan berarti Anda membantu membuatkan virus dikala Anda memegang gagang pintu atau barang-barang yang lain.  

5. Stop Menyentuh Mulut Anda

Sadarkah Anda bahwa suatu dikala Anda memegang pintu toilet kemudian menyentuh bibir Anda? Tidak menyentuh cuilan bibir, hidung atau mata Anda sanggup mengurangi resiko Anda terkena penyakit. Bahkan meskipun Anda sudah mencuci tangan, menyentuh bagian-bagian tersebut bukanlah sesuatu yang baik dilakukan.

Bagian mata, hidung dan lisan yakni pintu masuk yang gampang bagi kuman untuk masuk kedalam tubuh. Memang gampang untuk diucapkan tetapi sangat sulit untuk dilakukan lantaran rata-rata seseorang memegang lisan atau hidungnya lebih dari 3 kali dalam satu jam. Kaprikornus demi kebaikan Anda, hindari untuk memegang lisan atau hidung kecuali Anda gres saja mencuci tangan. Jikapun ingin memegangnya, gunakanlah tissue bersih.

6. Waktu Tidur Yang Cukup

Manfaatkanlah waktu tidur Anda di malam hari dengan sebaik-baiknya. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa jikalau seseorang mempunyai waktu tidur kurang dari 7 jam sehari hampir 3 kali lebih rentan terkena penyakit flu daripada orang yang tidur sedikitnya 8 jam sehari.



7. Menekan dada

Ada titik akupresure ditengah dada Anda, pada tingkat rusuk ketiga Anda. Tekan cuilan tersebut dengan pelan dan lembut selama 1 menit setiap beberap jam. Kegiatan ini akan merangsang kelenjar timus untuk menghasilan set T (Limfosit Sel). Kelenjar limus yakni organ dalam rongga dada cuilan atas yang memproses  sel T (limfosit) yaitu  sejenis sel darah putih yang melawan abses dalam tubuh





8. Minum Air Lebih Banyak

Ketika anda terkena flu maka jumlah cairan lendir akan meningkat dan minum air sanggup membantu Anda untuk mengurangi peningkatan cairan lendir tersebut. Semakin sedikit cairan lendir yang penuh virus maka akan gampang bagi sistem kekebalan badan Anda untuk mengusir virus dari tubuh.

Minumlah minimal 2 liter air dalam satu hari. Jika Anda agak bosan minum air mineral, sanggup diselingin dengan jus buah, teh hangat atau kuah panas  seperti sayur sop.


9. Pasang Alat Humidifier (Pelembab Udara)

Saat trend kemarau atau cuaca panas, udara yang kering dalam ruangan akan menciptakan Anda terkena sakit tenggorokan (saluran pernafasan) atau batuk. Meletakkan sebuah alat humidifier (pelembab udara) akan membantu udara di sekitar ruangan menjadi lembab dan segar.







10. Makan Makanan Pedas

Memang benar, cabe dan rempah-rempah pedas lainnya sanggup membantu Anda mengurangi flu. Makanan pedas akan menciptakan hidung dan mata Anda lembap dan ini sanggup menjadi sumbangan bagi Anda terhindar dari hidung yang tersumbat. 





  
11. Menghirup Minyak Essensial

Teteskan minyak thyme atau minyakl kayu putih kedalam air mendidih kemudian hirup dalam-dalam. Aroma yang Anda hirup seperti membuka jalan bagi udara untuk masuk ke rongga dada. Partikel anti mikroba ayng terdapat dalam minyak essensial ini juga membantu melapisi selaput lendir yang di rongga hidung. Lakukan beberapa kali dalam sehari.





12. Tunda Berolahraga Yang Berat

Bagi Anda yang terbiasa berolaharaga berat , mungkin Anda aka merasa ada sesutau yang kurang jik ahanya melaksanakan olah raga ringan menyerupai berjalan atau yoga. Namun, ketika Anda sakit, sebaiknya tunda dahulu kegemaran Anda itu lantaran dikala sakit badan memerlukan waktu untuk menghemat energi untuk melawan virus.







13. Berkumur Dengan Air Garam

Garam sanggup membunuh zat patogen. Berkumur-kumur dengan larutan air garam (takarannya ½ sendok teh garam dalam secangkr air hangat) akan meringankan peradangan dalam tenggorokan, mengencerkan cairan lendir dan membantu menghilangkan kuman. 

Meskipun Anda tidak sakit tenggorokan, ada baiknya tetap rajin berkumur dengan air garam untuk mencegah tanda-tanda flu. Sebuah studi tahu 2005 menemukan bahwa orang yang berkumu r dengan air garam sebanyak 3 kali sehari lebih sedikit resikonya terkena tanda-tanda flu.


14. Sup Ayam Panas

Makanan yang satu ini memang banyak khasiatnya. Uap supnya membantu membuka terusan udara di hidung menajdi terbuka dan kaldu ayamnya membantu meredakan sakit pada tenggorokan.






15. Minum Satu Sendok Madu

Madu diyakini sebagai antimikroba alami  dan madu sanggup meredakan sakit akhir iritasi dan peradangan pada tenggorokan.







16. Duduk Bersandar

Ketika Anda terkena flu dan posisi tidur/berbaring telentang maka cairan lendir akan mengumpul pada rongga sinus Anda. Hal ini akan menyebabkan abses sekunder atau sinusitis kronis. Cobalah berbaring dengan posisi setengah duduk (posisi sudut 45 derajat), posisi ini akan membantu mengalirkan darah dari kepala dan mengurangi peradangan sinus dan hidung.







17. Berdiam Diri Di Rumah

Meskipun ketika sakit tetapi Anda berusaha terlihat berpengaruh dan memaksakan diri  untuk bekerja dikantor, bahwasanya tidak ada satupun orang ingin mendekati Anda lantaran mereka khawatir tertular oleh Anda. Seorang pekerja yang sakit namun dipaksa bekerja yakni pekerja yang berada pada kondisi kurang produktif.

Stress, apapun penyebabnya sanggup mengganggu fungsi kekebalan badan sehingga Anda lebih rentan terkena penyakit menyerupai flu. Ambillah waktu untuk istirahat dan bersantai, cobalah untuk bermeditasi.

BACA JUGA : Cara Praktis dan Efektif Untuk Menghilang Stress

18. Jangan Meminta Obat Antibiotik

Pilek dan flu disebabkan oleh virus, bukan bakteri. Oleh lantaran itu, anti biotik hanya sanggup membunuh basil tidak sanggup dipakai untuk menyembuhkan sakit flu. Jadi, Anda tak perlu meminta kepada dokter untuk diberikan anti biotik. Apalagi anti biotik tidak bebas imbas samping. Antibiotik juga sanggup membunuh bakteri-bakteri baik dalam badan Anda, menyerupai basil yang membantu untuk mencerna masakan Anda, mencegah abses jamur pada vagina dan melaksanakan hal-hal penting lainnya.   





19. Menjaga Kebersihan

Anda tidak perlu menjadi seorang germaphobia yaitu seseorang yang mempunyai phobia dengan kuman, selalu mengelap benda-benda apapun sebelum menyentuhnya atau bahkan tidak mau bersentuhan dengan orang lain. Tetapi cukuplah menjadi seseorang yang sellau menjaga kebersihan diri menyerupai mencuci tangan. Biasakanlah mencuci tangan dengan sabun secara teratur selama 15 hingga 20 detik. Dengan mencuci tangan, Anda sudah mengurangi penyebaran penyakit.  

20. Hindari Keramaian

Saat Anda sedang sakit sebaiknya berdiam diri di rumah lantaran ketika Anda berada diluar rumah dan berada di daerah keramaian maka sakit Anda berpotensi lebih parah. Virus menyukai kerumunan orahng banyak, semakin banyak orang di sekitar Anda makan semakin besar kemungkinan Anda terserang virus dari orang lain. Jika Anda memerlukan sesuatu sebaiknya lakuakn dengan berbelanja online atau memakai layanan delivery service.






21. Jangan Saling Mencicipi Makanan/Minuman

Saat Anda sakit, hindari untuk saling merasakan masakan / minuman kepada sesama teman. Saling merasakan masakan dan minuman sanggup menjadi media untuk menularkan virus. Bisa jadi Anda menularkan virus kepada orang lain atau sebaliknya yang menyebabkan sakit Anda menjadi berkepanjangan


22. Tetap Makan Walau Sakit
Wajar bagi orang sedang sakit kalau nafsu makannya menurun tetapi penelitian dalam laporan Journal of Nutrition 2008  menunjukkan bahwasanya sangat tidak baik jikalau sedang sakit kita tidak mau makan. Orang yang tidak mau makan dikala sedang sakit akan lebih usang sembuhnya. Makan yakni obat tradisional yang paling manjur ketika Anda sedang sakit.




Post a Comment

0 Comments